Tenun Troso

Tenun Troso adalah jenis kain tenun tradisional Indonesia yang berasal dari desa Troso, Jepara, Jawa Tengah. Tenun Troso biasanya terbuat dari serat alam seperti kapas atau sutra dan dihasilkan melalui teknik tenun tangan yang dilakukan oleh pengrajin lokal, dengan proses kehatia hatian sehinga menjadikan kain troso sebagai salah satu primadona kain indonesia.

Tenun Troso memiliki ciri khas yang unik yaitu motif geometris yang terlihat simpel namun menarik. Warna-warna yang digunakan dalam tenun Troso biasanya berasal dari alam dan terkesan alami. Proses pembuatan tenun Troso sangatlah detail dan memakan waktu yang cukup lama karena semuanya dilakukan secara manual, mulai dari pengumpulan serat hingga proses pewarnaan.

Tenun Troso sering digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai macam produk seperti baju, kemeja, kain panjang, tas, dan aksesoris lainnya, gahkan di kabupaten jepara semua PNS diwajibkan memakai kain tenun khas jepara ini. Tenun Troso menjadi salah satu warisan budaya yang perlu dilestarikan dan dijaga keberlangsungannya.

Saat ini, pemerintah dan berbagai pihak terus berupaya untuk melestarikan keberadaan tenun Troso dengan memperkenalkannya ke masyarakat luas dan mengembangkan pasar produk tenun Troso baik di dalam maupun luar negeri.

Categories: Uncategorized | Tag: , , , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

Tenun Jepara | Tenun Troso | Tenun Terbaru

Menyediakan Berbagai Macam Kain Tenun Troso dan Aneka Produk Kain Tenun Jepara